Mengirim pesan, bisa melelui berbagai cara. Bisa melalui applikasi messenger, email, sms, dll. Tetapi bagaimana jika anda mengirim pesan kepada orang-orang di kantor yang sebagian kerjanya adalah berada di depan komputer, apalagi jika orang tersebut memang sibuk dengan pekerjaannya di komputer sehingga pesan yang kita kirim tidak dibaca. Dan bagaimana jika kita mengirim pesan ke orang-orang tersebut jika jumlahnya sangat banyak.
Jika menggunakan sms, pulsa akan habis terkuras. E-Mail, belum tentu pesan yang kita kirim di baca. YM, belum tentu orang tersebut sedang online. Lantas menggunakan apa? Gunakan saja Fitur Messenger dari Windows. Tapi yang satu ini bukan Messenger seperti Live Messenger. Ini merupakan cara mengirim pesan ke komputer dengan tampilan Popup. Jadi otomatis pesan yang kita tulis terpapar langsung di tengah layar monitor sang penerima.
Bagaimana caranya? Pertama kita harus mengaktifkan services dari messenger tersebut. Untuk pengaktifan services ini. Harus di lakukan antara komputer pengirim dan komputer penerima. Jika anda mengirim pesan tersebut ke komputer yang belum diaktifkan servicesnya, maka pesan tersebut akan gagal dikirim.
Satu hal lagi. Hal ini bisa digunakan hanya pada sesama Windows XP.
1. Buka menu run atau CTRL+R
2. ketikan services.msc lalu enter
3. Setelah itu di bagian kanan cari service yang bernama Messenger.
4. Setelah ketemu, klik kanan dan klik properties.
5. Pada Startup Type pilih Automatic.
6. Kemudian klik OK.
7. Klik kanan lagi services Messenger tersebut dan klik Start.
Setelah services tersebut di jalankan sekarang kopas script ini ke notepad:
@echo off
:A
Cls
echo Kerim Pesan
set /p n=IP Tujuan:
set /p m=Pesan:
net send %n% %m%
Pause
Goto A
Setelah itu save dengan format .bat Misal ketikan pesan.bat di
Cara menggunakannya sangat mudah.
Pada IP tujuan ketikan IP komputer si penerima. Jika ingin mengirimnya ke workgroup anda, ketikan saja tanda kali (*) . Setelah itu enter. Kemudian di pesan. ketikan pesan yang ingin di kirim, dan enter lagi.