Rabu, April 21, 2010

Tips Handphone Mati Karena Kena Air

Kalau anda kena kasus yang ini, kalau nggak faham tentang elektronik dijamin pasti panik.. :-o Bagaimana tidak, HP kesayangan nyemplung air.. Kalau HP kita nyemplung air dalam keadaan mati, itu akan lebih mending dibandingkan apabila HP nyemplung air dalam kondisi ON. Karena pada saat ON maka semua komponen HP akan teraliri arus listrik dari baterry. Ini sangat fatal..
Kalau saat kondisi OFF hanya sebagian saja yang teraliri listrik. Dan kemungkinan kerusakan komponen juga lebih kecil.
Ini lebih fatal lagi.. kalau HP nyemplung air, pasti kita akan sesegera mungkin mengangkatnya, setelah itu bisa dipastikan akan akan segera menyalakan (SWITCH ON) HP tadi. Padahal HP masih dalam keadaan basah kuyup.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghadapi HP mati karena nyemplung air.

1. Jangan sekali-kali menyalakan HP sesaat setelah HP nyemplung air.
2. Segera lepaskan baterry, SIM card, MMC dari tempatnya
3. Buka casing luar HP apabila HP tersebut mempunyai casing luar.
4. Buka Anda mempunyai sedikit keahlian dalam hal bongkar pasang perangkat elektronik, silahkan buka casing dan keringkan seluruh isi mesin handphone.
5. Bagi yg sedikit tahu elektronik dan punya multitester, lakukan pengetesan SHORT atau tidak perangkat tersebut, caranya: Posisikan tester pada “Ohm 1x”. Ukurlah pada konektor baterry (+) dan (-). Bila dibolak-balik tetap short, itu berarti masih konslet. Jangan dulu dinyalakan. Kalau perlu bawa ke bengkel.
6. Akan tetapi bila anda sama sekali awam masalah elektronik.. Jangan sekali-kali coba membongkar perangkat HP. Gak bener tapi malah tambah ancur ntar itu HP. Cukup keringkan saja atau semprot dengan kompressor atau pompa dengan tekanan kecil lewat lubang2 kecil dalam perangkat HP. Atau keringkan didepan kipas angin dengan posisi berdiri atau miring. Jangan posisi tidur atau posisi HP tengkurap.
7. Bawa ke bengkel yang terpercaya. Jgn sembarang bengkel..

Semoga bisa membantu.. :-)
Sumber : trikponsel.wordpress.com

blog comments powered by Disqus