Kamis, Mei 13, 2010

Install Web Server Portable

Biasanya sebuah Web Server berada disebuah localhost komputer bagaimana jika sebuah Web Server anda Install pada USB flash drive, jika sebuah Web Server berada dalam USB flash drive anda tidak perlu repot untuk bekerja pada satu tempat anda bisa bawa kemana-mana dan dikapanpun berada.

Server yang telah dikonfigurasikan mencakup versi terbaru dari Apache, MySQL, dan PHP sehingga anda dapat menjalankan website dan webap, untuk cara ini sya menggunakan XAMPP Lite yang sudah mencakup banyak fitur seperti server FTP filezilla dan OpenSSL.

Untuk memulai tutorial cara install Web Server pada USB anda bisa download terlebih dahulu XAMPP Lite dibawah ini, Untuk cara ini saya menggunakan XAMPP Lite .exe anda juga bisa menggunakan XAMPP Lite dalam folder .zip.

Jika sudah anda Download jalankan XAMPP Lite, kemudian Browse pilih lokasi Instalasi untuk space minimal 250MB.




































Jika anda telah menentukan lokasi Instalasi klik OK dan klik Install, jika proses instalasi selesai kemudian akan muncul jendela Command Prompt. Pada jendela Command prompt akan muncul pertanyaan "

should 1 add shortcuts to the startmenu/desktop? :













tekan ( n ) dan tekan ennter, kemudian akan muncul pertanyaan ke dua "should i procced" tekan ( y ) dan Enter. kemudian tekan y kembali pada "Your choise?"















tekan Enter kembali pada keterangan selanjutnya adalah untuk memastikan bahwa zona waktu yang anda setting sudah benar kemudian tekan Enter kembali.














Pada pertanyaan selanjutanya masih dalam jendela command prompt akan ada pilihan apakah anda akan
1. start XAMPP control panel
2. Relocated XAMPP
3. Disable HTTPS (SSL)
4. disable Server Side Include (SSI)
5. Enable IPv4 only
x. Exit

Untuk ini anda dapat tekan ( 1 ) untuk menjalankan XAMPP control panel atau tekan x untuk keluar. untuk menjalankan XAMPP control panel anda dapat melakukanya dari lokasi instalasi XAMPP anda dan klik
( xampp-control.exe ).

Setelah anda jalankan, klik menu start Apache dan MySQL untuk menjalankan Web server


















Harap diperhatikan: Jangan centang SVC, karena ini akan menjalankan server sebagai Windows service. Untuk menjaga XAMPP sebagai portabel dan bukan berjalan sebagai sebuah layanan!

Setelah anda klik menu start Apache dan MySQL klik tombol Admin untuk membuka halaman XAMPP default admin berjalan dari webserver lokal anda. atau, anda dapat melihatnya dengan mengetikan http://localhost/ atau http://127.0.0.1/ pada adress bar browser anda.

Akan terbuka pilihan bahasa terserah anda pilih bahasa pada menu pilih bahasa untuk ini saya klik English setelah anda klik bahasa anda melihat default halaman admin.











Kemudian klik menu navigasi Status, untuk melihat informasi apa yang bekerja dan yang tidak bekerja. Klik phpMYAdmin untuk malakukan pengaturan pada MySQL Localhost , anda juga dapat mengakses " phpMyAdmin " melalui adress bar pada browser anda http://localhost/phpmyadmin/ atau http://127.0.0.1/phpmyadmin/

Sekarang anda bisa menambahkan halaman web anda pada file " xampplight \ \ htdocs folder \ " pada USB flash drive anda.

Untuk ini anda juga bisa menginstall Wordpress, cara Menginstall Wordpress pada Web Server Portable USB flash Drive klik disini .

Download XAMPP Lite

Sumber : http://www.netmild.com

blog comments powered by Disqus