Senin, Oktober 05, 2009

Dongkrak RAM dengan Flashdisk

ANDA kehabisan memori komputer? Jangan khawatir jika Anda memiliki flashdisk. Dengan menggunakan pertolongan Windows ReadyBoost, Anda dapat memanfaatkan peranti mungil itu sebagai pengganti memori sehingga keterbatasan memori dapat diatasi dengan cepat.
USB flash drive atau yang biasa dikenal dengan sebutan flashdisk, adalah memori penyimpan data yang berintegrasi dengan Universal Serial Bus (USB). Alat penyimpan data ini kali pertama diluncurkan secara resmi sekitar tahun 1998.

Flashdisk sekarang sudah menjadi benda yang sangat umum di masyarakat, hal ini disebabkan oleh faktor ukurannya yang kecil dan mudah dibawa kemana-mana, serta kapasitasnya yang cukup besar, 2 GB bahkan 4 GB, sehingga dapat untuk menyimpan banyak data.


Sedangkan RAM adalah memori yang digunakan oleh komputer untuk menyimpan data sementara. RAM juga berguna untuk menyimpan sementara file-file program yang dijalankan pada saat kita bekerja dengan komputer.

Flashdisk dan RAM, jika dilihat dari fungsinya sehari-hari, mungkin tidak akan pernah Anda bayangkan akan dapat saling berintegrasi. Namun dengan kemajuan teknologi sekarang, apapun menjadi mungkin.
Windows Vista memperkenalkan Windows ReadyBoost, konsep baru untuk menambahkan memori ke dalam komputer. Dengan Windows ReadyBoost, kita dapat memasang flashdisk ke komputer dan memfungsikannya sebagai RAM.
Tingkatkan Performa
Menambah memori (dalam hal ini RAM) adalah jalan terbaik untuk meningkatkan kinerja komputer. Banyak memori berarti lebih banyak aplikasi yang siap dijalankan tanpa harus mengakses harddisk terlebih dahulu.
Namun upaya penambahan memori banyak menemui kendala. Selain memerlukan biaya yang cukup mahal, beberapa mesin mempunyai keterbatasan dalam hal memori sehingga kita tidak dapat menambah RAM. Dengan Windows ReadyBoost, kita dapat meningkatkan performa komputer tanpa perlu menambahkan keping RAM.
Windows ReadyBoost sangat mudah digunakan. Ketika dipasangkan ke komputer, flashdisk tersebut akan diperiksa oleh Windows Vista apakah cukup cepat bila digunakan oleh Windows ReadyBoost.
Jika ya, Anda akan diberi pertanyaan apakah Anda ingin menggunakan peranti itu untuk meningkatkan kinerja sistem. Saat digunakan, flashdisk akan menyediakan cache memori yang akan digunakan sebagai virtual RAM bagi komputer Anda.
Flashdisk yang diperlukan minimal adalah seri USB 2.0 karena peranti yang digunakan harus mempunyai kecepatan hingga 3,5 Mbps. Flashdisk yang digunakan untuk RAM minimum 1,5 kali kapasitas RAM yang terpasang.
Misalnya RAM komputer Anda 1 GB, maka agar hasilnya terlihat, minimum kapasitas flashdisk-nya sebesar 1,5 GB. Ini juga berlaku bagi flashdisk tertentu yang mempunyai data transfer cepat. Jika terlalu lambat, alat itu tidak bisa digunakan untuk Windows ReadyBoost.

http://ikonek.net/2008/05/31/dongkrak-ram-dengan-flashdisk/


0 komentar:

Posting Komentar